Pencemaran Lingkungan di Indonesia

Kita semua tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya yang sangat melimpah. Sumber daya alam di Indonesia memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk proses produksi baik itu memproduksi bahan makanan, minuman, pakaian, maupun bahan untuk keperluan lainnya yang berguna bagi kehidupan manusia. Sumber daya alam sendiri adalah semua kekayaan alam baik berupa kekayaan hayati maupun hewani. Di Indonesia banyak lingkungan yang memiliki sumber daya alam yang sangat indah dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Selain itu juga sumber daya alamnya berkualitas.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, banyak terjadi kerusakan lingkungan dikarenakan oleh berbagai hal seperti bencana longsor, banjir, kebakaran, dan lain sebagainya. Hal tersebut sebenarnya dapat terjadi karena adanya pencemaran lingkungan yang  disebabkan oleh alam itu sendiri maupun perbuatan manusia. Kalau kita perhatikan, manusia dalam melakukan aktivitasnya banyak melakukan pencemaran baik itu pencemaran air, pencemaran udara, maupun pencemaran tanah.

Sebenarnya, permasalahan pencemaran lingkungan yang terjadi di Indonesia banyak yang disebabkan oleh aktivitas manusia seperti  membuang sampah tidak pada tempatnya, banyaknya penggunaan kendaraan bermotor, pembakaran hutan, pembuangan limbah pabrik disembarang tempat, dan lain sebagainya. Aktivitas-aktivitas tersebut akan berdampak pada rusaknya lingkungan. Apabila hal ini dibiarkan terus-menerus dan tidak dilakukan penanganan khusus maka akan memberikan dampak buruk bagi mahkluk hidup di bumi.

Masalah pencemaran lingkungan di Indonesia tiap tahunnya meningkat. Meningkatnya masalah pencemaran lingkungan di Indonesia memang sepertinya karena masyarakat sendiri kurang peduli akan lingkungan di sekitarnya. Banyak dari mereka yang mungkin menganggap masalah ini tidak begitu penting sehingga mereka masih menganggap bahwa lingkungan mereka masih aman-aman saja. Padahal kenyataan bekata lain. Banyak pencemaran lingkungan yang terjadi seperti polusi udara akibat kendaraan bermotor dan pabrik-pabrik, pencemaran air sungai akibat limbah sampah yang dibuang di sungai, dan lain sebagainya.

Pencemaran lingkungan yang terjadi mengakibatkan rusaknya lingkungan sekitar sehingga sumber daya alam pun ikut rusak. Hal ini akan berdampak pada ketersediaan sumber daya alam yang semakin sedikit karena sebagian sudah rusak. Jika hal ini terjadi maka akan mengancam kehidupan manusia karena tanpa adanya sumber daya alam manusia tidak akan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya karena tidak ada bahan yang berpotensi untuk diproduksi.

Seharusnya masyarakat mempunyai kesadaran akan pentingnya lingkungan bagi kehidupan mereka. Karena segala kebutuhan hidup manusia ada pada lingkungan. Manusia tidak bisa hidup tanpa adanya lingkungan yang aman dan lestari. Jika lingkungan mereka tidak dirawat maka kehidupan mereka pun akan terancam. Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran manusia untuk merawat dan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan dapat digunakan sebaik-baiknya untuk kehidupan.

Posted By Ayyu

credit: ayyu1661.wordpress.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s